Oleh: h1a007007 | Maret 14, 2008

Fenomena Kosmologi

Fenomena Kosmologi

Neutrino adalah produk penting dari supernova. Paling banyak energi yang dihasilkan dalam supernova diradiasikan dalam bentuk kerkahan tak terukur dari neutrino, yang mana dihasilkan ketika proton dan elektron dalam inti terkombinasi membentuk neutron.

Bukti eksperimen pertama dari fenomena ini datang pada tahun 1987, ketika neutrino datang dari supernova terdeteksi.

Dalam peristiwa-peristiwa demikian, densitas inti menjadi begitu tinggi (1014 g/cm3) dimana interaksi antara neutrino yang dihasilkan dan materi sekeliling bintang menjadi penting.

Dipikirkan bahwa neutrino akan dihasilkan juga dari peristiwa-peristiwa lain semisal tumbukan bintang-bintang neutron.

Karena neutrino berinteraksi sedemikian kecil dengan materi, dipikirkan bahwa emisi neutrino supernova membawa informasi tentang daerah paling dalam dari ledakan.

Banyak cahaya nampak datang dari peluruhan elemen-elemen radioaktif yang dihasilkan oleh gelombang kejut supernova, dan bahkan cahaya dari ledakan itu sendiri dihamburkan oleh gas rapat dan turbulensi.

Neutrino pada sisi lain, melewati gas-gas ini, menyediakan informasi tentang inti supernova (dimana kerapatan adalah cukup besar untuk mempengaruhi sinyal neutrino). Lebih jauh, retakan neutrino diharapkan untuk mencapai bumi sebuah sembarang gelombang elektromagnetik, mencangkup cahaya nampak, sinar gamma atau gelombang radio.

Penundaan waktu tertentu tidak diketahui, tetapi untuk supernova tipe II, ahli astronomi mengharapkan banjir neutrino dilepaskan berdetik-detik setelah keruntuhan inti bintang, sementara sinyal elektromagnetik pertama mungkin berjam-jam atau berhari-hari kemudian. Proyek SNEWS menggunakan sebuah jaringan detektor neutrino untuk memonitor langit bagi peristiwa-peristiwa calon supernova; diharapkan sinyal neutrino akan menyediakan sebuah peringatan lanjut yang berguna dari bintang yang meledak.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: